Wuling Segera Produksi Baterai MAGIC di Indonesia, Pakai Teknologi Canggih yang Anti Ledak

  • Wuling akan memulai produksi baterai di dalam negeri dengan nama MAGIC Battery yang diklaim lebih efisien, lebih ringan, tahan lama, performa baik, dan aman.


Otojatim.com - Wuling bakal produksi baterai mobil listrik secara lokal, yang diberi nama MAGIC Battery. Langkah ini membuktikan kesungguhan Wuling dalam mendukung terwujudnya ekosistem kendaraan ramah lingkungan berkelanjutan di Tanah Air.

MAGIC Battery rencananya akan diproduksi mulai akhir tahun 2024. Hal ini disampaikan oleh Liu Yan selaku Marketing Operation Director Wuling Motors pada acara pameran Wuling September Meriah di The Forum, Mall Kelapa Gading 3 (20/9).


“Setelah menghadirkan Lifetime Core EV Component Warranty dan menjadi brand pertama yang memberikan layanan ini, Wuling akan meneruskan langkahnya untuk memproduksi baterai Wuling EV di Indonesia pada akhir tahun 2024. Langkah ini sebagai bentuk komitmen Wuling dalam berpartisipasi membangun ekosistem EV di Indonesia dan menambah kenyamanan serta ketenangan bagi setiap pemilik Wuling EV. Adapun baterai Wuling EV yang nanti diproduksi di dalam negeri ini dikenal sebagai MAGIC Battery,” kata Liu Yan.


Nama MAGIC Battery sendiri merupakan singkatan dari M (Multifunction Unitized Structure Technology), A (Advanced Cell Safety), G (Greater Performance), I (Intelligent Management), dan C (Combustion Free).

Aspek-aspek tersebut mewakili teknologi yang diusung. Multifunction Unitized Structure Technology (MUST) terinspirasi dari desain sayap pesawat. Di mana struktur, panel samping, dan lapisan pendingin, saling terintegrasi membentuk struktur baterai yang sangat ringan dan berkekuatan tinggi. Selain itu, baterai ini jadi punya kemampuan modular yang lebih mudah untuk diperbaiki.


Sedangkan Advanced Cell Safety berperan meningkatkan struktur di dalam sel baterai termasuk penggunaan lapisan keramik sebagai konduktor panas yang rendah. Ini efektif untuk meminimalisir konslet, bocor, penguapan, hingga panas berlebih. Baterai ini juga sudah melalui sejumlah pengujian sehingga sel baterai dijamin dapat berfungsi normal apabila terjadi tabrakan dan tidak adanya case meledak atau terbakar dengan sendirinya.


Dengan teknologi MUST dan Advanced Cell Safety, MAGIC Battery memiliki peningkatan kemampuan (Greater Performance) baik dari sisi performa maupun tingkat keamanannya. 

Untuk mewujudkan performa yang lebih efisien, lebih ringan, tahan lama, dan aman, MAGIC Battery menggunakan dua sumber pintar untuk memonitor kondisi baterai. Pertama, High Precision Battery Management System (BMS) yang dapat memonitor secara real-time. Kedua, AI berbasis Cloud yang bisa memonitor 240 pengawasan keamanan dan lebih dari 80 peringatan bila terjadi kesalahan. Inilah yang disebut manajemen cerdas (Intelligent Management), yang memberikan keamanan menyeluruh bagi para pengguna melalui pemantauan akurat di sepanjang siklus hidup baterai.


“Dengan teknologi dan performa tersebut menjadikan jaminan dan juga pembuktian bahwa baterai mobil listrik Wuling yang sudah laku terjual 2 juta unit mobil listrik lebih secara global dan tidak pernah mengalami spontaneous combustion atau kasus meledak atau terbakar dengan sendirinya,” tutup Liu Yan.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi